Filter adapter kamera prosumer FujiFilm Finepix S4500


Kurang lengkap rasanya bila kita memiliki sebuah benda kesayangan yang hanya dibiarkan begitu saja seperti aslinya, Banyak aksesoris yang bisa ditambahkan pada barang kesayangan kita yang fungsinya pun ada berbagai macam dari mulai mempercantik penampilan sampai fungsi khusus untuk menambah fungsi dari barang tersebut. Termasuk bagi anda yang gemar fotografi khususya dengan kamera jenis prosumer, ada berbagai macam aksesoris yang bisa anda gunakan pada kamera prosumer anda. Salah satunya adalah filter lensa. Filter lensa pada kamera prosumer memiliki banyak fungsi, misalnya :
  • Filter Case fungsinya sebagai tempat menyimpan lensa filter
  • UV Filter berfungsi sebagai penyaring sinar ultraviolet dari matahari yang menyebabkan hasil foto terlihat sedikit blur, filter UV baik digunakan untuk memotret di daerah dataran tinggi atau pegunungan, pantai, dan daerah yang memiliki udara bersih.
  • CPL
    CPL memiliki fungsi sebagai polarizer dimana dapat digunakan untuk menaikkan kontras warna dan menimbulkan ataupun menghilangkan bayangan dari benda benda non metal, seperti air, kaca, dll
  • Gradual ND
    Gradual Gray bergungsi untuk menurunkan intensitas cahaya yang masuk ke dalam lensa.
  • ND
    filter ND berfungsi untuk memotong 2-3stop cahaya yang masuk ke lensa sehingga memungkinkan kita untuk mendapatkan slow speed/slow shutter di siang hari sehingga memberikan efek slowhutter.
  • IR filter
    Filter ini memungkinkan Anda untuk memfoto IR tanpa perlu merusak/membongkar sensor kamera Anda
  • Star
    Filter Star adalah filter yang dapat menimbulkan efek star / bintang pada foto Anda. Filter star akan efektif membentuk efek bintang pada objek yang terang, seperti lampu, matahari, jendela yang terang, dsb. Filter star hanya membentuk efek star pada benda yang terang ( seperti lampu, matahari, dll ) , sehingga tidak mempengaruhi objek foto yang lain.
  • Soft Focus/Diffusser
    Soft Focus atau nama lainnya Diffusser Filter adalah filter yang digunakan jika kita ingin mendapatkan efek soft focus atau blurry yang dapat memberikan kesan dreamy pada foto Anda.
  • Step Up & Step Down Ring
    Step Up digunakan jika anda ingin memaikaikan filter yang lebih besar pada lensa dengan diameter filter yang lebih kecil. Tentunya alat ini juga akan sangat menghemat, dimana Anda tidak perlu lagi membeli filter yang ingin Anda pakaikan namun berbeda ring tersebut, tetapi cukup hanya dengan step up ring ini. Contoh kasus. Lensa Anda berdiameter 52mm, sedangkan anda ingin menggunakan filter ber diameter 62mm, maka Anda membutuhkan step up 52-62mm. Sedangkan Step Down Ring memiliki fungsi sebaliknnya
  • Close Up Filter Dengan close up filter, Anda dapat mendapatkan foto makro atau foto close up tanpa menggunakan lensa khusus seperti lensa makro, cukup dengan menggunakan lensa biasa ditambahkan dengan filter close up ini didepan lensa anda. Untuk hasil terbaik disarankan menggunakan lensa diatas 50mm. Semakin tele, semakin makro pula hasil yang dapat kita dapatkan
  • Prosumer Filter Adapter fungsinya sebagai tempat untuk memasang filter-filter diatas

 Nah, yang terakhir itu wajib ada yaitu filter adapternya untuk memasang lensa filter, karena kamera prosumer fujifilm finepix tidak ada tempat khusus untuk memasang lensa filter.

berikut ini ada video cara pemasangan filter adapter pada fujifilm s4500

semoga bermanfaat

One thought on “Filter adapter kamera prosumer FujiFilm Finepix S4500

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s